Viral Seorang pengendara motor ditegur karena merokok, bisa beli mobil kalau asbak tidak kuat - informasi
Viral

Viral Seorang pengendara motor ditegur karena merokok, bisa beli mobil kalau asbak tidak kuat

Jakarta

Sebuah video saat ini beredar di media sosial di mana seorang pria memperingatkan pengendara yang merokok. Pengemudi bahkan menyiapkan asbak dari gelas plastik untuk perokok.

Video musik tersebut diunggah oleh akun TikTok @erdeeputra. Saat ini telah dilihat lebih dari 450 ribu kali.

Pertama, pengemudi mobil Low Cost Green Car (LCGC) itu terlihat menjulurkan tangannya ke luar jendela sambil memegang rokok yang menyala. Kemudian seorang pria datang membawa gelas plastik untuk perokok.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Anda, jika Anda tidak memiliki asbak, jangan berikan asbak, seseorang memukul matanya sebelumnya, makanya saya menyusul Anda sebelumnya. Jika Anda merokok, jangan dibuang.mendengar suara dalam video.

Postingan tersebut memancing reaksi netizen. Banyak yang merasa terganggu dengan aksi para perokok saat mengendarai kendaraan.

Diperintahkan untuk membeli asbak talas di dalam mobil. eh jangan beli mobil yang ada sunroofnya biar gak perlu buka jendela‘ kata salah satu warganet.

Bagaimanapun, gunakan tempat sampah mobil untuk asbak, agar asap yang keluar keluar‘ komentar yang lain.

Saya juga salah satu korban beli mobil, boleh beli asbak?tambah yang lain.

Selain sepeda motor, pengendara juga dapat dituntut atas hal-hal yang mengganggu konsentrasi berkendara, seperti merokok. Hal itu tertuang dalam Pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Namun memang larangan pengendara untuk tidak merokok saat berkendara tidak seperti yang ditegaskan pengendara dalam Permenhub No 12 Tahun 2019.

Berikut bunyi Pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ):

Barangsiapa mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dengan cara yang tidak wajar dan melakukan pekerjaan lain atau dipengaruhi oleh keadaan yang menimbulkan gangguan pada waktu mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat 1, diancam dengan pidana paling lama pidana penjara paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Sementara itu, aturan larangan merokok bagi pengendara sepeda motor diperjelas dalam Pasal 6 huruf (c) Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 yang berbunyi: “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi saat mengendarai sepeda motor.”

Selain mengganggu konsentrasi, merokok saat berkendara juga berbahaya karena karbon rokok bisa masuk ke mata pengendara lain. Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan larangan merokok tidak hanya berlaku bagi pengendara sepeda motor, tetapi juga bagi pengendara kendaraan bermotor.

“Mengemudi, tidak masalah kendaraan apa yang perlu Anda fokuskan atau apa yang perlu Anda konsentrasikan. Jaga kontrol dan keseimbangan kendaraan. Anda tidak bisa melakukan ini saat mengemudi, apalagi merokok,” kata Sony beberapa waktu lalu. ke detikcom.

Sony menjelaskan dampak buruk yang ditimbulkan dari merokok saat berkendara salah satunya dapat mempengaruhi kesiapsiagaan pengemudi dalam situasi darurat.

“Mengemudi sambil merokok berarti pengemudi hanya bisa berkonsentrasi pada satu tangan sambil memegang setir,” tambah Sony.

Meski begitu, sisa pembakaran rokok adalah salah satu masalah lain yang ditimbulkan. Sony menyebut merokok sambil berkendara bisa merugikan atau membahayakan orang di sekitarnya.

“Abu dan bara api mengganggu pengendara lain, mereka juga bisa terbang ke mata mereka sendiri,” kata Sony.

@erdeeputra

bagi perokok jalanan, jika anda membuka tangan saat mengemudi kaca mobil, sebatang rokok akan terbang keluar, anda dapat menggunakan akal sehat untuk berempati dengan pengemudi lain di belakang anda, terkadang abu rokok anda akan masuk ke mata anda, itu sakit. Anda dapat membeli rokok setiap hari, membeli asbak untuk mobil Anda, jika Anda takut abunya akan berakhir di mobil Anda, jangan merokok. jika Anda ingin merokok, gunakan adaptor merokok, gunakan asbak di mobil Anda! kenapa kamu takut membakar mobilmu? ya kalau takut kenapa merokok dan kalau kena mata orang lain ya jangan takut.

♬ suara asli – erdeeputra

Simak videonya “Perhatian! Tugas Polantas tidak hanya sebatas mengeluarkan tiket”
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button