Mengakhiri semester, SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggelar penghargaan atas karya siswa - informasi
Teknologi

Mengakhiri semester, SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggelar penghargaan atas karya siswa

Mengakhiri semester, SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggelar penghargaan atas karya siswa

Berkat kiprah Metaverse, SMK Muhammadiyah 1 Semarang kini banyak dikunjungi sekolah baik dari Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah.

Jumat, 16 Desember 2022 | 19:57 WIB – Didaktik
Pengarang: Wisanggeni. Editor: Bijaksana

KUASAKATACOM, Semarang- SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggelar acara karya siswa yang digelar di Jalan Indraprasta 37, Kota Semarang, Jumat (16/12/2022).

Kegiatan tersebut digelar untuk memamerkan hasil karya mahasiswa selama semester ganjil ini. Menariknya, pembawa acara berbicara dalam dua bahasa yakni Inggris dan Arab.

BERITA TERKAIT:
Mengakhiri semester, SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggelar penghargaan atas karya siswa
SMK Pintar Mutu mempertahankan hasil karya siswa
Sebelum wisuda, SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggelar sholat berjamaah dan bakti sosial
Praktek Kerja Industri SMK Mutu Cerdas Semarang Fokus untuk mencetak siswa yang berkualitas
Produksi Film Animasi SMK Muhammadiyah 1 Semarang

Siswa SMK Muhammadiyah 1 Semarang mempresentasikan Expo berupa karya proyek IPAS dengan simulasi gunung berapi, rumah kincir angin dan simulasi gempa dan lain-lain.

Sedangkan mata pelajaran menunjukkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) yang merupakan mata pelajaran khas perguruan tinggi Muhammadiyah, Al-Qur’an tahfidz. siswa kelas X munaqosah (tes hafalan) juz 30 dan kelas XI munaqosah juz 28-29.

Untuk diketahui bahwa setiap alumni SMK Muhammadiyah 1 Semarang diwajibkan menyiarkan agama Islam, maka siswa XII mendemonstrasikan kemampuan berdakwah atau berbicara keislaman di depan umum.

Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan Dewan SD PDM Kota Semarang yang juga anggota Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) Drs, Sutarto, MM, Penasehat Dewan Pendidikan Dasar Dr. Bunyamin MPd dan pembimbing SMK Drs. Pandoyo, M.P.d.

Dalam sambutannya, Sutarto menyampaikan rasa bangganya atas perkembangan SMK Muhammadiyah 1 Semarang. “SMK MUTU telah ditunjuk sebagai center of excellence (COE) SMK sejak tahun 2020 dan akan menjadi SMK Center of Excellence (PK) pada tahun 2021 dan akan memiliki Matching Scheme PK SMK pada tahun 2022,” ujarnya. dikatakan.

Keunggulan SMK Muhammadiyah 1 Semarang terletak pada Jurusan Animasi, sehingga pada Seccon Festival 2022 yang diselenggarakan oleh Komite Ekonomi Kreatif Kota Semarang dan Dinas Perindustrian Kota Semarang, SMK Muhammadiyah 1 Semarang baru disebut sebagai SMK pengembang IP (kekayaan intelektual) di Semarang.

Selain penyerahan hadiah karya siswa, SMK juga meluncurkan karya dan program di bawah kepemimpinan Lukman Hakim. Peluncuran “MUTU SMART Mini Syariah Bank” merupakan learning factory (TEFA) dengan konsentrasi keahlian akuntansi.

Sedangkan konsentrasi keahlian animasi meluncurkan karya metaverse berupa gedung SMK Muhammadiyah 1 Semarang dalam 3 dimensi. Sebelumnya departemen animasi telah membuat produk metaverse menggunakan Virtual Reality (VR) dan diproduksi oleh para guru, kini metaverse gedung sekolah ini merupakan karya siswa dan dapat dimainkan di laptop atau PC tanpa menggunakan lensa VR.

Karya metaverse ini sedang trending dan menjadi kebutuhan dan permintaan wajib sekolah PK. Produk metaverse yang menggunakan VR berupa aplikasi manasik umroh dan karya metaverse dengan PC/laptop segera didaftarkan ke HKI (Hak Kekayaan Intelektual) agar bisa mematenkan karya tersebut.

Dan karena kiprah metaverse inilah SMK Muhammadiyah 1 Semarang kini banyak dikunjungi oleh sekolah-sekolah baik dari Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah baik negeri maupun swasta untuk mendalami teknologi metaverse dalam pembelajaran.

***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button