Kunjungan kerja putri Koster dalam rangka 'Salam dan Berbagi' di Kabupaten Klungkung - informasi
Kesehatan

Kunjungan kerja putri Koster dalam rangka ‘Salam dan Berbagi’ di Kabupaten Klungkung

Kunjungan kerja putri KosterKunjungan kerja putri Koster dalam rangka ‘Salam dan Berbagi’ di Kabupaten Klungkung. Sumber Foto: Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUUNGKUNG – Kunjungan kerja Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster Kabupaten Klungkung dipusatkan di Kabupaten Nusa Penida pada Sabtu (17/12/2022). Dalam kunjungan tersebut, beliau tampak mendampingi para ketua OPD Provinsi Bali terkait seperti Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Adat, Kepala Dinas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Bali, Direktur Rumah Sakit Mata Bali Mandara. Turut hadir Bupati Klungkung dan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung.

Kunjungan kerja berstruktur ‘Greet and Share’ ini dilakukan di 3 (tiga) tempat yaitu Banjar Sebunibus, Desa Sakti, Banjar Gelagah, Desa Kutampi dan Desa Pejukutan. Kunjungan kerja dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan program PKK untuk menggerakkan warga melaksanakan 10 (sepuluh) program inti PKK yang salah satunya meliputi kesehatan dan keterampilan dalam mengatur rumah tangga, mulai dari pemantauan tumbuh kembang anak, menjaga komunikasi antar anggota keluarga agar terjalin dengan baik dan aktif.

Bahkan, kunjungan kerja yang dibarengi dengan interaksi antara ketua TP PKK Provinsi Bali dengan warga sekitar tentu turut menambah hangatnya suasana. Di setiap lokasi Ny. Putri Koster memberikan bantuan sosial kepada 50 orang yang terdiri dari ibu hamil KEK, lansia, balita kurang gizi atau gizi buruk, pengurus TP PKK dan anak-anak cacat.

Selain itu memberikan bantuan sosial berupa 20 kg beras, 1 peti telur dan 2 karton susu untuk KEK ibu hamil, lanjut usia, cacat dan pengurus PKK. 20 kg beras, 1 peti telur dan 8 karton susu untuk balita gizi buruk dan gizi buruk. Selain itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup menyerahkan 100 bibit pohon, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali menyerahkan 1.000 bibit cabe, dan 50 kg bibit jagung diserahkan kepada Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung.

Penyerahan bibit ini merupakan salah satu upaya mendukung program Pekarangan Indah Nyaman Bermanfaat Damai (HATINYA PKK) oleh seluruh kader PKK dari desa hingga kecamatan. Kader PKK berperan sebagai penggerak program TP PKK provinsi sebagai perpanjangan tangan dari TP PKK pusat. Diharapkan mereka dapat menjadi contoh dan teladan bagi warga lainnya, sehingga tidak hanya desa yang bersih, namun juga warga yang sehat.

“Selain berbagi sembako, saya juga akan berbagi informasi bagaimana membangkitkan semangat dan usaha, agar kita memiliki ide-ide baru untuk membuat kreasi makanan anak, sehingga nafsu makan anak meningkat. Namun jangan lupa makanan sehat yang kita makan selain bergizi juga harus bersih. Jangan terlalu banyak menggunakan bumbu agar tidak merusak perkembangan organ dalam tubuh kita. Nah, untuk ketersediaan bahan sayur dan herbal khususnya cabai bisa kita tata dan tanam dengan rapi di kebun Jadi selain bermanfaat, tanaman pangan pokok tentunya akan memberikan keringanan ketika harga bahan pokok terutama sayuran dan paprika bisa diatasi,” kata Ibu. putri Koster.

Pada kesempatan ini, Ny. Putri Koster berpesan agar bibit yang diserahterimakan nantinya akan lebih ditanam dan dirawat sedemikian rupa agar nantinya dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup warga.

Lebih lanjut ia meminta agar para orang tua lebih banyak meluangkan waktu untuk memperhatikan tumbuh kembang anaknya, baik memantau waktu konsumsi makanan, pola tidur maupun memantau waktu penggunaan ponsel, agar tidak memakan waktu terlalu lama.

“Mari kita mulai mengenalkan aturan penggunaan ponsel kepada anak-anak agar mereka tidak terlalu lama memegang ponsel dan berkutat dengan media sosial dan game karena mengganggu syaraf tubuh terutama pada mata. aturan kepada diri kita sendiri sebagai orang tua, jangan biarkan anak menggunakan handphone sebelum berusia 5 tahun (usia emas anak),” ujarnya.

Selain masalah penggunaan ponsel, Ms. Putri Koster, seorang guru wisesa di Provinsi Bali, juga meminta para orang tua untuk menjauhkan anaknya dari fast food.

“Kalau ingin anak kita sehat, kita harus bergotong royong dan memperhatikan pola makan dan tidur,” pintanya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang hadir dan berkesempatan memberikan sambutan mengatakan pertumbuhan kerdil di Kabupaten Klungkung masih perlu mendapat perhatian agar masih tetap jumlahnya berdasarkan data dinas kesehatan tahun 2022, saat ini masih ada 5,83% balita di Klungkung tergolong stunting. Jumlahnya mencapai 653 orang dari total 11.207 balita. Angka tersebut tersebar di seluruh wilayah puskesmas di Kabupaten Klungkung yang selanjutnya dapat dikurangi.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan hari ini.

“Tentunya bantuan yang diberikan oleh ketua tim penggerak PKK Provinsi Bali beserta jajarannya sangat membantu dan membawa kelegaan bagi masyarakat Klungkung, khususnya masyarakat Nusa Penida. Sekecil apapun bantuan yang kami dapatkan , hal tersebut tentunya merupakan anugrah dan kepedulian yang tulus yang diberikan oleh para pemimpin kita kepada masyarakat, maka jangan pernah remehkan perhatian dan bantuan yang diberikan oleh ketua tim penggerak PKK kita di provinsi Bali, karena segala sesuatu yang diberikan merupakan kewajiban yang dilandasi keikhlasan dan keikhlasan. kasih sayang untuk masyarakat luas,” kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Lebih khusus Bupati Suwirta berpesan agar masyarakat Nusa Penida tidak terlena dengan sektor pariwisata yang mulai membaik, namun mari kita mulai bangkitkan kembali pertanian dan UMKM yang ada, terutama menjaga pengolahan rumput laut, dan yang terpenting adalah menjaga kesehatan terhadap pertumbuhan terhambat yaitu dengan memeriksakan kesehatan sejak dini, dan dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan calon pengantin.

Dalam kunjungan kerjanya, Ny. Putri Koster yang didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung beserta rombongan berkesempatan melihat pelaksanaan tes IVA di Puskesmas I Nusa Penida dan Puskesmas Desa Kutampi Center, serta pelaksanaan operasi katarak di RS Gema Santi.(bpn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button